Thursday 1 October 2015

     Pernahkah Anda berfikir kenapa langit berwarna biru? Kemudian pada sore hari saat matahari akan terbenam berubah menjadi berwarna merah ? Serta saat akan turun hujan berwarna gelap..

Sunset

     Langit yang cerah pada siang hari berwarna biru disebabkan oleh fenomena hamburan Rayleigh. Cahaya matahari merupakan cahaya putih (polikromatik) yang terdiri dari panjang gelombang berbeda. Atmosfer bumi tersusun dari berbagai macam gas seperti nitrogen, oksigen, argon, uap air, debu, dll. Ketika cahaya putih dari matahari mengenai atmosfer, atmosfer akan berlaku sebagai prisma sehingga cahaya putih akan terurai menjadi cahaya pada berbagai panjang gelombang seperti warna pelangi yang sehari-hari seriang disingkat me-ji-ku-hi-bi-ni-u. Selain dispersi cahaya, di atmosfer juga terjadi fenomena hamburan Rayleigh. Hamburan Rayleigh akan terjadi lebih kuat pada panjang gelombang yang kecil, akibatnya cahaya yang memiliki panjang gelombang pendek seperti biru, ungu akan terhambur secara efektif di atmosfer kesegala arah sehingga langit tampak berwarna biru. Sedangkan cahaya dengan panjang gelombang yang besar seperti merah, kuning akan diteruskan oleh atmosfer menuju bumi.

    Langit pada sore hari berwarna merah terjadi karena ketebalan atmosfer yang ditembus cahaya matahari berubah. Ketika siang hari, matahari tepat diatas kita sedangkan pada sore hari posisi matahari menjadi serong sehingga atmosfer yang ditembus cahaya matahari menjadi lebih tebal. Seperti pada penjelasan sebelumnya, atmosfer bisa berlaku sebagai prisma sehingga cahaya yang memiliki panjang gelombang yang lebih besar seperti cahaya merah akan diteruskan pada atmosfer yang tebal akibatnya langit berawana merah.


    Langit ketika akan turun hujan berwarna gelap. Hal ini terjadi karena kumpulan titik titik air (awan) yang sangat tebal akibatnya cahaya matahari akan lebih banyak terabsorpsi dan yang melewatinya menjadi sangat kecil. Akibatnya bagian bawah awan hujan menjadi berwarna gelap karena hanya sedikit cahaya yang diteruskan ke mata pengamat. 

Referensi ;
http://sains.me/459/rahasia-langit-dan-laut-berwarna-biru.html/
https://weneveralone4ever.wordpress.com/2011/11/01/rayleigh-scattering-hamburan-rayleigh/

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Flag Counter
Powered by Blogger.

Popular Posts