Thursday 5 November 2015

Ilustrasi partikel nano
sumber gambar : http://www.fadhilza.com/
Teknologi Nano adalah ilmu dan rekayasa dalam penciptaan material, struktur fungsional maupun piranti dalam skala nanometer. Dalam istilah terminologi ilmiah,nano berarti 10-9, satu nanometer adala seperseribu micrometer/ sepersejuta millimeter/ sepersatumiliar meter.Sebagai perbandingan, rambut manusia memiliki diameter 50.000-10.000 nanometer, sehingga satu nanometer kirakira sama dengan sehelai rambut yang dibelah seratusribu. Para ilmuan berkeyakinan bahwa material berukuran nanometer memiliki sejumlah sifat kimia dan fisika yang lebih unggul dari material berukuran besar (bulk) juga material dalam ukuran nanometer memiliki sifat-sifat yang lebih kaya karena menghasilkan beberapa sifat yang tidak dimiliki oleh material ukuran besar.
Saat ini, riset dalam bidang teknologi nano telah berkembang dengan sangat pesat dan memasuki babak yang paling progreseif dalam beberapa tahun terakhir. Hasil riset diantaranya pembuatan tablet obat dalam ukuran nanopartikel yang dapat dikontrol dari luar tubuh menggunakan sinyal elektromagnetik sehingga tablet tersebut dapat diarahkan untuk menyerang target penyakit dalam tubuh manusia tanpa mengganggu sel-sel lainnya.
Salah satu material nano yang penting dewasa ini adalah material biomimetk dengan teknik chemical vapor deposition (CVD). Lijie Zang dan Thomas telah melaporkan penggunaan titanium sebagai material biomimetc untuk membuat tulang buatan. Keunggulan dari materil ini adalah kemampuannya berasosiasi dengan sel-sel dalam tubuh manusia tanpa menimbulkan efek samping. Sifat dasr dari titanium yang tahan karat telah memungkinkan penggunaannya sebagai material biomimetic yang sangat bermanfaat bagi manusia.
Meskipun relatif baru, teknologi nano telah menawarkan bamyak hal yang sangat berguna. Diharapkan inovasi-inovasi baru dalam teknologi nano akan mendatangkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi umat manusia.

0 comments:

Post a Comment

Total Pageviews

Flag Counter
Powered by Blogger.

Popular Posts